Logo Loading

Enter your keyword

Siswa SMKN 2 Bandung Rakit Laptop & Tablet Relion

Siswa SMKN 2 Bandung Rakit Laptop & Tablet Relion

Siswa SMKN 2 Bandung Rakit Laptop & Tablet Relion

Jakarta – SMKN 2 Bandung berkolaborasi dengan PT Berca Cakra Teknologi dalam perakitan laptop dan tablet. Produk dengan merek Relion ini akan dikerjakan oleh siswa kelas X program studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.

Kualitas rakitan laptop dan tablet ini dijanjikan akan sama standarnya dengan pabrikan Relion, sehingga hasil rakitan siswa di SMKN 2 pun akan dijual ke pasaran.

“Kerja sama ini kami lakukan karena kami ingin menyiapkan siswa ke dunia kerja yang sesungguhnya. Kami memberikan peluang untuk siswa untuk praktek dengan dunia kerja yang nyata sehingga setelah lulus nanti mereka benar-benar siap berkompetisi,” ujar Kepala SMKN 2 Bandung Asep Tapip Yani di SMKN 2 Bandung, Jalan Ciliwung, Kamis (26/3/2015).

Asep menuturkan, awal kerjasama ini dilakukan yaitu saat SMKN 3 Bandung mendapatkan jatah 32 laptop dari pemerintah. Jumlah tersebut menurutnya belum memenuhi kebutuhan sekolah yang memiliki sekitar 500 siswa.
SMK 3
Asep pun menghubungi pihak Berca Cakra Teknologi sebagai penyedia laptop yang kemudian menyatakan kesediaannya untuk memberikan pembinaan teknis untuk perakitan laptop dan tablet di SMKN 2.

“Kalau orang lain masih beli laptop atau tablet, kami bisa dapat memenuhi kebutuhan kita sekaligus pembelajaran siswa,” katanya.
SMK 2
Pihak sekolah mendapatkan pasokan komponen lengkap yang kemudian dirakit oleh siswa dengan pengawasan tim quality control dari Berca Cakra Teknologi. Lantaran hasil rakitan telah melewati quality control sesuai standar, hasil rakitan pun dinyatakan akan sama dengan pabrikan.
SMK 4
“Kami dapat harga komponen. Jadi kami punya keuntungan jika menjualnya sesuai harga pasar,” tutur Asep.

Selain perakitan, SMKN 2 juga disiapkan untuk dapat melayani servis atau perbaikan laptop dan tablet. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) SMKN 2 Bandung dengan PT Berca Cakra Teknologi dilakukan di Aula SMKN 2 disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung.

 

Sumber : Detik

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.